Senin, 26 09 2022
Follow Us ON :
 
 
| Polda Riau Gerak Cepat Lakukan Penegakan Hukum Kasus Dugaan Pengeroyokan yang Dilakukan Oknum Polwan | | Kapolsek Siak Hulu AKP Zainal Jalin Kemitraan Dengan Wartawan | | Kunjungan Tim Ro Rena Polda Riau ke Mapolres Pelalawan, untuk pembangunan mako Polres Pelalawan | | Reskrim Polres Dumai berhasil mengungkap Kasus Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) | | Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K melakukan kunjungan dalam rangka bersilahturahim ke | | Sisihkan Gaji, Polantas di Riau Bedah Rumah Warga Kurang Mampu
 
Kolaborasi Dengan KLHK, Polda Riau Gelar Sosialisasi Implementasi UU Cipta Kerja dan Turunannya Soal
Sabtu, 17-09-2022 - 07:21:11 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar sosialisasi implementasi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2021, tentang tata cara pengenaan sanksi administrasi di bidang kehutanan dari Kementerian LHK RI, Kamis (15/9/2022).

Kegiatan ini diinisiasi langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal ini. Dalam kegiatan sosialisasi ini, Sekjen Kementerian LHK RI Dr Ir Bambang Hendroyono MM dan Anggota DPD RI Dapil Riau Instiawati Ayus didapuk sebagai narasumber.

Hadir dalam kesempatan itu seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Kapolres/ta dari 12 kabupaten/kota serta pejabat atau perwakilan dari instansi/asosiasi terkait lainnya.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, kegiatan ini memang sengaja digelar pihaknya agar para satuan kerja terkait di lingkungan Polda Riau bisa lebih memahami dan dapat mengimplementasikan UU Cipta Kerja dan turunannya. 

“Terus kami mengundang dari Kementerian Kehutanan dan Alhamdulillah dihadiri langsung oleh Pak Sekjen KLHK. Tadi sudah dijelaskan panjang lebar oleh Pak Sekjen kepada kami mengenai UU Ciptaker dan PP No.24/2021. Intinya kita paham bahwa Provinsi Riau adalah salah satu provinsi yang kawasan hutannya cukup luas,” ucap Kapolda. 

Menurut Jenderal bintang dua itu, UU Cipta Kerja tergolong baru dan mesti dipahami bagaimana penerapan secara adminsitrasi maupun penindakan. Termasuk juga aspek preemtif dan preventif yang terus digalakkan pihaknya. Begitu juga dengan aspek penegakan hukum yang tentu bisa ditempuh apabila ditemui di lapangan. Dengan adanya sosialisasi tersebut, dia bersama tim Polda Riau dan jajaran menjadi lebih paham.

“Jadi upaya apa serta staregi apa, jadi lebih paham. Lebih terakselerasi, lebih tepat sasaran. Strateginya jadi lebih pas, lebih cepat. Apa yang dilakukan nanti kami sepakat semangatnya kolaboratif, tidak berhenti sampai disini kita akan action,” tegasnya.

Sementara itu, Sekjen Kementerian LHK RI Dr Ir Bambang Hendroyono MM menuturkan, UU Cipta Kerja sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun. Kata dia, Provinsi Riau termasuk provinsi yang menjadi target penyelesaian untuk prinsip-prinsip implementasi UU Ciptaker ini.

”Hari ini Alhamdulillah dalam kesempatan pendalaman materi, khususnya dalam penegakan hukum dalam UU Ciptaker dengan PP No.24/2021 kami sampaikan tata cara administrasi dan penerapan UU dimkasud,” paparnya.

Dalam diskusi itu juga disepakari bahwa pemahaman hukum untuk seluruh aspek pada pasal-pasal menjadi gerakan bersama. Ia kemudian menyampaikan 5 poin yang menjadi fokus dari Kemen LHK dalam UU Ciptaker. Diantaranya ialah kepastian kawasan itu menjadi poin pertama. Kemudian kepastian hukum menyangkut perizinan dan sebagainya. Ketiga ialah kepastian usaha. 

“Jadi bukan hanya swasta, BUMN juga masyarakat. Kemudian ada kepastian keberlanjutan usaha. Ini yang kita jaga kedepannya kalau bekerja harus ada izin. Baik di kawasan hutan maupun diluar kawasan hutan. Kelima keberlanjutan lingkungan. Pemulihan lingkungan dan ekonomi menjadi fokus disini,” terang dia. 

Bambang berharap kolaborasi ini dapat segera dilakukan. Sehingga tidak ada lagi bisnis dalam landscape hutan produksi terpecah-pecah. Dan tidak ada lagi pekerjaan tanpa aturan.

”Diawal tadi saya mengatakan undangan dari kapolda yang menginisiasi implementasi kami nyatakan untuk pertama kalinya di Kepolisian di seluruh indonesia. Yang berniat kolaborasi dengan kementerian LHK,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Instiawati Ayus, anggota DPD RI. Baginya, ini adalah sebuah kebanggaan karena dapat menunjukkan kepada mitra kerja, bahwa implementasi penataan kawasan hutan melalui regulasi yang ada, sudah berjalan baik.

"Apresiasi saya kepada Polda Riau, saya merasakan bahwa Pak Kapolda jadi orang pertama yang merespon dan menggelar sosialisasi. Saya tidak ragu tiga bulan ke depan akan ada progres luar biasa," tuturnya.

laporan: endang



 
Berita Lainnya :
  • Kolaborasi Dengan KLHK, Polda Riau Gelar Sosialisasi Implementasi UU Cipta Kerja dan Turunannya Soal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polda Riau Gerak Cepat Lakukan Penegakan Hukum Kasus Dugaan Pengeroyokan yang Dilakukan Oknum Polwan
    02 Kapolsek Siak Hulu AKP Zainal Jalin Kemitraan Dengan Wartawan
    03 Kunjungan Tim Ro Rena Polda Riau ke Mapolres Pelalawan, untuk pembangunan mako Polres Pelalawan
    04 Reskrim Polres Dumai berhasil mengungkap Kasus Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat)
    05 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K melakukan kunjungan dalam rangka bersilahturahim ke
    06 Sisihkan Gaji, Polantas di Riau Bedah Rumah Warga Kurang Mampu
    07 HUT Lantas ke-67, Kapolri Resmikan Program Prioritas ETLE Nasional di 34 Polda
    08 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K melakukan kunjungan kerja ke Polsek Dumai Barat
    09 Jadi Perbincangan Publik PT Ruas Utama Jaya Anak Prusahaan PT Sinar mas Group,Siapa Di Belakang Nya?
    10 Tim Gabungan Polres Dumai bersama Pom TNI-AD, Kodim 0320/Dumai, PT. Kilang Pertamina Internasional (
    11 Tim Opsnal Sat Res Narkoba Polres Dumai kembali berhasil membekuk 2 (dua) pelaku Pengedar Narkotika
    12 Memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke – 67 Tahun 2022, Satuan Lalu Lintas Polres Dumai meng
    13 Komisi I DPRD Kota Dumai Riau Warning PT Ruas Utama Jaya,Anak Perusahaan PT Sianar Mas.
    14 Polri Presisi Polda Riau Luncurkan Inovasi 11 Aplikasi Digital, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Koridorny
    15 Ketua Bapera Kab.Rokan Hilir dan Ketua Bapera Bangko siap mendukung dan mengawal untuk Bupati Rokan
    16 Sejarah Baru Polda Riau Ungkap Kasus Narkoba, Amankan 203 KG Sabu dan 404.491 Butir Ekstasi
    17 Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Dumai kembali berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Pencurian Sepeda
    18 Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K pimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapol
    19 Satuan Lalu Lintas Polres Dumai menggelar Polantas Bersholawat dan juga Berbagi bantuan sosial.
    20 Satuan Lalu Lintas Polres Dumai menggelar Olahraga Bersama dan Safety Riding saat acara hari bebas k
    21 Buka MTQ Ke-XVIII Kecamatan Pinggir, Bupati Kasmarni Sampaikan Program Pembangunan Strategis
    22 Persiapkan Atlit Menuju Ajang Piala Kapolri 2022, Kapolda Irjen Iqbal Buka Kejurda Inkanas Riau.
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN