Kamis, 18 Juli 2024
Follow Us ON :
 
 
| Wujudkan Layanan Ramah HAM, Rutan Dumai Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat | | Wakili Pj Bupati Kampar, Asisten III Setda Kampar Hadiri SLI | | Pj Bupati Kampar Hambali Dukung DBH Sawit untuk Pendataan STD-B | | Heboh! Warga Temukan Mayat Terbenam di Parit | | Polda Riau Amankan 19 Orang saat Razia Tempat Hiburan Malam, 16 Positif Narkoba | | KPU Bengkalis Berbagi Rasa Dengan Berikan Santunan kepada Anak Yatim
 
Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah
Jumat, 14-06-2024 - 20:08:04 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, Pangkalan Kerinci - Dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta upaya dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Pelalawan, Pemerintah Kabupaten Pelalawan melaksanakan Gerakan Pangan Murah untuk masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Kamis (13/6/2024) yang dipusatkan di halaman Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan H. Abdul Karim.

Gerakan pangan murah ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Ketahan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura dan pihak wiraswasta yang ada di Kabupaten Pelalawan seperti PT. Bulog, PT. Charoen Pokphand, PT. Musimas serta kelompok wanita  tani di wilayah Kabupaten Pelalawan.  Adapun kegiatan gerakan pangan murah terbuka untuk masyarakat umum di wilayah pelalawan dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Pj.  Sekda Pelalawan H. Abdul Karim mewakili Bupati Pelalawan menyampaikan bahwa masalah utama inflasi adalah terkait dengan kelangkaan dan tingginya permintaan atas suatu barang.

"Momentum tingginya permintaan barang ini terkadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menimbun barang-barang kebutuhan pokok tersebut demi keuntungan yang sepihak. Selain faktor alam dan cuaca kita tahu bahwa daerah kita masih tergantung kepada provinsi tetangga untuk memenuhi beberapa komoditas kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih, telur ayam dan cabe merah. Komoditi tersebut juga menjadi faktor penyebab kenaikan inflasi bagi daerah kita dan tentunya harus kita jaga ketersediaannya,"ucapnya.

"Alhamdulillah kita juga sudah punya Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Pelalawan yang berperan dalam menjaga stabilitas dan ketersediaan barang pokok di Kabupaten Pelalawan. Adapun tingkat inflasi Kabupaten Pelalawan untuk tingkat Provinsi Riau kita juga termasuk yang rendah. Namun, inflasi di daerah kita tentu harus dapat kita kendalikan. Oleh karena itu, peran ini harus kita ambil selaku pemerintah daerah yang memiliki tugas dan fungsi untuk menjaga pasokan dan ketersediaan bahan pokok selama menghadapi hari besar keagamaan seperti Idul Adha," lanjutnya.

Lanjut H. Abdul Karim berharap melalui gerakan pasar pangan murah ini yang bekerja sama dengan Bulog, PT. Charoen Pokphand, PT. Musim Mas serta petani yang tergabung dalam kelompok wanita tani binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pokok menjelang Idul Adha.

"Komoditi yang kita tampilkan melalui pasar tani ini merupakan hasil dari petani binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan juga dapat membantu perekonomian para petani sehingga petani maju, ekonomi maju, Pelalawan Maju sesuai dengan visi dan misi Bupati Pelalawan yakni Pelalawan Maju 2026. Mudah-mudahan kegiatan gerakan pangan murah ini bisa memenuhi kebutuhan kita semua menjelang hari besar keagamaan nasional yang akan datang dan menekan angka inflasi di Kabupaten Pelalawan." Tutupnya.

Adapun jumlah komoditi yang tersedia pada gerakan pangan murah ini antara lain beras SPAP sebanyak 4 ton, gula pasir 100 kg, minyak sunco 2 ton, tepung terigu 100 kg, minyak goreng 250 liter, beras penyalai 150 kg.

Dalam kegiatan gerakan pangan murah ini juga dibagikan telor secara gratis kepada masyarakat dalam jumlah yang terbatas. Selain itu, terdapat mobil keliling Disdukcapil untuk kepengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat.



 
Berita Lainnya :
  • Kendalikan Inflasi, Pemkab Pelalawan Laksanakan Gerakan Pangan Murah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wujudkan Layanan Ramah HAM, Rutan Dumai Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat
    02 Wakili Pj Bupati Kampar, Asisten III Setda Kampar Hadiri SLI
    03 Pj Bupati Kampar Hambali Dukung DBH Sawit untuk Pendataan STD-B
    04 Heboh! Warga Temukan Mayat Terbenam di Parit
    05 Polda Riau Amankan 19 Orang saat Razia Tempat Hiburan Malam, 16 Positif Narkoba
    06 KPU Bengkalis Berbagi Rasa Dengan Berikan Santunan kepada Anak Yatim
    07 Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton,S.H,S.I.K, M. Si Pimpin Pelaksanaan Upacara Sertijab
    08 Kendalikan Inflasi dan Harga Pasar, Pemkab Kampar Terus Gencarkan Operasi Pasar.
    09 Gunakan Dana Desa untuk Pemberdayaan UMKM
    10 Meriahkan 1 Muharram TKN Pembina Gelar Pawai Keliling Kota
    11 Mayat Pria tak Dikenal Ditemukan Tergantung di Pohon Karet, Kondisinya Mulai Membusuk
    12 Bupati Kasmarni Minta Bujang Dara Promosikan Pariwisata Bengkalis
    13 Pemdes Bantan Air Antusias Mengikuti Acara Pada Pembukaan MTQ Ke-XXIX Tingkat Kecamatan Bantan.
    14 Pemdes Bantan Air Peduli Dengan Masyarakat Desa Bantan air
    15 DPRD Gelar Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran TA 2023 dan Laporan Pansus PT. BLJ
    16 Wirid Akbar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Air Hitam, Ini Harapan Bupati Pelalawan
    17 Syamsuri memberikan trophy kepada pemenang turnamen sepakbola Bupati Cup Tahun 2024.
    18 Turnamen Akademi Sepak Bola Bima Sakti Antar Pelajar Se Provinsi Riau Sukses Digelar.
    19 Pertemuan Rutin DWP Rutan Dumai Gelar Pelatihan Public Speaking
    20 Polres Dumai Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 Secara Serentak Selama Dua Pekan
    21 Pemdes Kelemantan Barat Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tahun2024
    22 Camat Bengkalis Resmi Membuka MTQ Tingkat Desa Perapat Tunggal Ke IX Tahun 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN