Kamis, 18 Juli 2024
Follow Us ON :
 
 
| Wujudkan Layanan Ramah HAM, Rutan Dumai Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat | | Wakili Pj Bupati Kampar, Asisten III Setda Kampar Hadiri SLI | | Pj Bupati Kampar Hambali Dukung DBH Sawit untuk Pendataan STD-B | | Heboh! Warga Temukan Mayat Terbenam di Parit | | Polda Riau Amankan 19 Orang saat Razia Tempat Hiburan Malam, 16 Positif Narkoba | | KPU Bengkalis Berbagi Rasa Dengan Berikan Santunan kepada Anak Yatim
 
Bupati Bengkalis Jawab Pandangan Fraksi Terhadap Ranperda RPJPD 2025-2045
Selasa, 02-07-2024 - 08:46:06 WIB

TERKAIT:
   
 

Riaumonitor.com, BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni memberikan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Penyampaian Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.

Jawaban disampaikan Bupati melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Ersan Saputra TH, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Pimpinan DPRD Bengkalis Sofyan, diikuti 31 Anggota DPRD Bengkalis Senin, 1 Juli 2024. 

Terdapat enam Fraksi DPRD yang menyampaikan pandangan umum melalui juru bicaranya masing-masing. Berikut jawaban Bupati Bengkalis.

Pertama, terhadap pandangan umum Fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang disampaikan Abdul Qadir. M. Bupati Bengkalis Kasmarni sepakat bahwa prinsip transparansi dan akuntabilitas perlu dikedepankan dalam mengimplementasikan setiap subtansi dalam RPJPD. Oleh kerena itu pula RPJPD ini telah direview oleh APIP Kabupaten untuk mendapatkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam dokumen ini.

Kedua, terhadap pandangan umum Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, disampaikan juru bicaranya Horas Sitorus. Dijelaskan Bupati Kasmarni, penyelarasan kebijakan pembangunan jangka panjang daerah dalam bentuk rancangan program prioritas jangka panjang daerah telah disusun sebagai tindak lanjut infrastruktur jangka panjang.

Lanjut Bupati Kasmarni, untuk penguatan sektor ekonomi daerah, sepakat dengan raksi PDI-P untuk menitikberatkan pada pemanfaatan potensi lokal daerah. Sejalan dengan itu, didalam RPJPD ini telah menyusun kebijakan umum transformasi ekonomi yang secara bertahap akan memindahkan distribusi PDRB dari migas ke non-migas dengan harapan pertumbuhan ekonomi kerakyatan benar-benar dapat bangkit dari ketergantungan atas hasil migas daerah.

Pandangan umum ketiga, dari Fraksi Partai Amanat Nasional melalui Rianto. Bupati Kasmarni menegaskan RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025–2045 telah diseleraskan dengan RPJPN dan RPJPD Povinsi Riau tahun 2025–2045 melalui mekanisme fasilitasi penyelarasan visi, misi, sasaran pokok, kebijakan umum dan indikator umum pemerintah sebagai syarat dimusrenbangkan di tingkat kabupaten.

Sekalipun telah diselaraskan, Bupati Kasmarni tetap membuka saran dan masukkan selama pembahasan nantinya, dengan harapan agar bisa mendapatkan RPJPD yang terukur dan bermanfaat bagi perumusan program operasional nantinya pada dokumen jangka menengah dan tahunan daerah.

Selanjutnya, pandangan umum kelima, disampaikan Irmi Syakip Arsalan dari Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat. Bupati Kasmarni menjawab bahwa pentingnya RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045, sebagai pintu masuk Re-Disain atas kebijakan umum pembangunan jangka panjang 20 tahun ke depan, yang tentunya tidak pula lepas dari hasil evaluasi kita bersama terhadap RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2005–2045 khususnya pada pencapaian kebijakan umum dan sasaran pokok 20 tahun sebelumnya.

Keenam, disampaikan oleh Fraksi Gabungan Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia, melalui juru bicara Laurensius Tampubolon.

Ucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi disampaikan orang nomor satu di Negeri Junjungan itu kepada Fraksi Gabungan Nasdem Persatuan Pembangunan Indonesia atas apresiasi yang diberikan serta menyetujui penyampaian rancangan peraturan daerah tentang RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045, untuk dibawa ke pembahasan selanjutnya.



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Bengkalis Jawab Pandangan Fraksi Terhadap Ranperda RPJPD 2025-2045
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wujudkan Layanan Ramah HAM, Rutan Dumai Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat
    02 Wakili Pj Bupati Kampar, Asisten III Setda Kampar Hadiri SLI
    03 Pj Bupati Kampar Hambali Dukung DBH Sawit untuk Pendataan STD-B
    04 Heboh! Warga Temukan Mayat Terbenam di Parit
    05 Polda Riau Amankan 19 Orang saat Razia Tempat Hiburan Malam, 16 Positif Narkoba
    06 KPU Bengkalis Berbagi Rasa Dengan Berikan Santunan kepada Anak Yatim
    07 Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton,S.H,S.I.K, M. Si Pimpin Pelaksanaan Upacara Sertijab
    08 Kendalikan Inflasi dan Harga Pasar, Pemkab Kampar Terus Gencarkan Operasi Pasar.
    09 Gunakan Dana Desa untuk Pemberdayaan UMKM
    10 Meriahkan 1 Muharram TKN Pembina Gelar Pawai Keliling Kota
    11 Mayat Pria tak Dikenal Ditemukan Tergantung di Pohon Karet, Kondisinya Mulai Membusuk
    12 Bupati Kasmarni Minta Bujang Dara Promosikan Pariwisata Bengkalis
    13 Pemdes Bantan Air Antusias Mengikuti Acara Pada Pembukaan MTQ Ke-XXIX Tingkat Kecamatan Bantan.
    14 Pemdes Bantan Air Peduli Dengan Masyarakat Desa Bantan air
    15 DPRD Gelar Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran TA 2023 dan Laporan Pansus PT. BLJ
    16 Wirid Akbar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Air Hitam, Ini Harapan Bupati Pelalawan
    17 Syamsuri memberikan trophy kepada pemenang turnamen sepakbola Bupati Cup Tahun 2024.
    18 Turnamen Akademi Sepak Bola Bima Sakti Antar Pelajar Se Provinsi Riau Sukses Digelar.
    19 Pertemuan Rutin DWP Rutan Dumai Gelar Pelatihan Public Speaking
    20 Polres Dumai Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 Secara Serentak Selama Dua Pekan
    21 Pemdes Kelemantan Barat Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tahun2024
    22 Camat Bengkalis Resmi Membuka MTQ Tingkat Desa Perapat Tunggal Ke IX Tahun 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | DPRD Riau | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © MEDIA ONLINE - RIAUMONITOR.COM | INFORMASI UNTUK KEBENARAN